Jumat, 12 November 2010

mACam - mAcaM Br0WsER


Berdasarkan cara mengumpulkan data halaman-halaman web, mesin pencari dapat di
kelompokkan menjadi 4 kategori

Human Organized Search Engine
Mesin pencari yang di kelola sepenuhnya oleh tangan manusia. Mesin pencari ini menggunakan metode dengan memilah-milih informasi yang relevan dan dikelompokan sedemikian rupa sehingga lebih bermakna dan bermanfaaat bagi penggunannya. Situs ini dalam prakteknya memperkerjakan para pakar dalam bidang-bidang tertentu, kemudian para pakar tersebut dapat mengkelompokan situs-situs tertentu sesuai dengan bidangnnya atau kategori situs itu sendiri.
SEARCH ENGINE
TAHUN PELUNCURAN
ALAMAT SITUS
YAHOO
1994
LOOKSMART
1996
ABOUT
1987
OPEN DIRECTORY
1998
Dmoz.com
Search Engine Tahun Peluncuran Alamat Situs
Computer Created Search Engine
Search engine kategori ini banyak memiliki kelebihan karena banyak menyajikan inforrmasi walaupun kadang-kadang ada beberapa informasi yang tida relevan tidak seperti yag kita ingin kan. Search engine ini telah menggunakan software laba-laba atau spider software yang berfungsi menyusup pada situs-situs tertentu, kemudian mengunpulkan data serta mengelompokan dengan sedikit bantuan tangan manusia.
SEARCH ENGINE
TAHUN PELUNCURAN
ALAMAT SITUS
WebCrawler
1994
Excite
1995
Inktomi
1996
Northen Light
1997
Fast Search
1999
earch Engine TahunPeluncuran Alamat Situs
Hybrid Seacrh Engine
Merupakan gabungan antara tangan manusia dengan computer, sehingga menghasilkan hasil pencarian yang relative akurat. Peran manusia dalam hal ini adalah sebagai penelaah dalam proses pengkoleksian database halaman web. Sebenarnya tipe ini lah yanag paling mudah pembuatannya menurut saya karena dapat di desaingsesuai dengan keinginan kita.
SEARCH ENGINE
TAHUN PELUNCURAN
ALAMAT SITUS
Lycos
1995
Alta Vista
1995
HotBot
1996
Go To
1997
Snap
1997
Direct Hit
1998
Google
1998
Go
1999
go.com
Search Engine Tahun Peluncuran Alamat Situs
MetaCrawler/Metasearch
Merupakan perantara dari mesin pencari yang sebenarnya. Mesin ini hanya akan mengirimkan permintaan pencarian ke berbagai mesin pencari serta menampilkan hasilnya satu di layer browser sehingga akan menampilkan banyak sekali hasil dari ber bagai mesin pencari yang ada.
SEARCH ENGINE
TAHUN PELUNCURAN
ALAMAT SITUS
SavvySearch
1995
savvysearch.com
Dogpile
-
The Big Hub
-
C4 Total Search
-
Se

Saat ini browser yang sedang terkenal dan populer digunakan diantaranya adalah mozilla firefox, internet explore, dan opera. Padahal sebenar'y banyak bgt low macam-macam browser itu. Misalnya nie ada :
Netscape Navigator
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhmUNIq-mXWCmJh7J4_HxqpD1Q4ChFgZMVMmB9tpYaUN38Dsq4_tFjIURftq1kJ_XpUbQ74H4_IPUnd32tAHzWuXE2IBiN4UzAkFgjdNv5knQLYbsV2PUmrnxWFyEzuy5jnlMsrVTVC1_c/s320/netscape9logo.png
Netscape Navigator merupakan salah satu web browser yang sering digunakan dan cukup terkenal pada tahun 1900 an, web browser ini pun sampai sekarang masih digunakan hanya saja kalah penggunanya dengan IE ataupun Mozilla Firefox. Netscape Navigator merupakan browser yang dibuat dari basis kode sumber Mosaic Web Browser dari National Center for Supercomputing Applications (NCSA), karena memang pembuat NCSA (Marc Andressen) adalah pendiri Netscape Corporation.
Pada zamannya, Netscape Navigator banyak digunakan oleh pengguna karena memang lebih baik dibandingkan dengan beberapa web browser berbasis grafis yang lainnya saat itu. Netscape Navigator tersedia dalam platform Windows 16-bit (Win16), Windows 32-bit (Win32), UNIX, serta Macintosh. Tetapi Kini, AOL (America Online) selaku pemilik Netscape Navigator, telah memutuskan untuk menghentikan support-nya terhadap browser tersebut sejak 1 Februari 2008. Sejak saat itu, tidak ada lagi pengembangan browser Netscape, begitu juga dukungan update untuk Netscape Navigator 9 dan versi-versi sebelumnya. Meskipun begitu, akses download versi yang pernah dirilis masih akan disediakan, begitu juga dengan Netscape.com yang akan tetap ada sebagai website portal internet. Selanjutnya pengguna yang ada saat disini direkomendasikan untuk beralih ke Mozilla Firefox.
Netscape Navigator sangat kompatibel dengan sistem operasi UNIX dan Mac OS, Web browser ini juga support dengan JavaScript web programming karena memang Javascript diperkenalkan pertama kali oleh Netscape pada tahun 1995. Pada awalnya bahasa yang sekarang disebut JavaScript ini dulunya dinamai “LiveScript” yang berfungsi sebagai bahasa sederhana untuk browser Netscape Navigator 2 yang sangat populer pada saat itu. Kemudian sejalan dengan giatnya kerjasama antara Netscape dan Sun (pengembang bahasa pemrograman “Java”) pada masa itu, maka Netscape memberikan nama “JavaScript” kepada bahasa tersebut pada tanggal 4 desember 1995.
Netscape Navigator merupakan web browser yang stabil jika digunakan untuk surfing, browsing, upload dan download, hanya saja secara GUI (Graphical User Interface) web browser ini kurang bagus (kasar). Netscape Navigator merupakan web browser yang dikomersilkan pada saat itu, web browser ini mulai mengalami kehilangan peminat/penggunanya pada saat IE mulai terpasang secara default ketika menginstall Microsoft Windows.

Google Crhoome
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhhE_3x4AcOidvzKmsHeOPyHtW6TDbGpHNcWGfVYrCk7pcK_pTTE9XxlnnZdBSz4BvFTfzuLaVxORApIhrte_mEQnnuYhUpQYHXUyPVz5IPC6s3qZnFwWHOzOD8M2F8zUi9eQ5JkcYEako/s320/google-chrome-colour3.jpg
Google Chrome adalah sebuah Web Browser yg dibuat oleh Google, hal mendasar yang dilakukan oleh Google adalah menggunakan JavaScript sebagai fokus dari pembuatan script kode Chrome. Google Chrome adalah browser yang menggabungkan desain minimal dengan teknologi canggih agar Web dapat diakses dengan lebih cepat, aman, dan mudah. Interfacenya juga bisa dibilang sangat bagus, simpel dan elegant. Peletakan tabs juga sangat efisien sehingga memberikan ruang baca lebih untuk penggunanya. Sangat disarankan untuk pengguna notebook yang kecil, agar ruang bacanya lebih luas.
Web browser yang kompatibel dengan Sistem Operasi Microsoft Windows dan lebih kompatibel dengan JavaScript web programming ini memiliki beberapa

Flock
Ingin punya browser yang paling nyaman untuk akses ke situs jejaring sosial? Browser ini bisa jadi pilihan. Pembuatnya memang menjuluki Flock sebagai social web browser. Ini terkait dengan fasilitas yang tersedia di situs web yang didominasi warna biru tersebut, yaitu kemudahan berinteraksi dengan situs-situs jejaring sosial perkawanan seperti facebook, MySpace, Flickr, Twitter, dan sebagainya.
Browser ini sangat cocok bagi mereka yang senang bermain-main dengan situs jejaring macam facebook, flickr, Myspace dan banyak lagi yang lainnnya. Browser ini juga bisa dijalankan di sistem operasi Windows, Mac OS dan Linux.


Chrome
Inilah browser keluaran Google. Browser ini sedikit berbeda dibanding dengan browser lainnya. Chrome tidak memiliki title bar standar. Oleh karena itu, halaman situs web yang biasa ditampilkan jauh lebih lega. Chrome juga tidak memiliki menu bar. Hanya ada tab dan bar untuk navigasi (address box). Kemampuan menarik lainnya yakni (drag-and-drop) tab keluar dari jendela browser untuk membuat jendela baru, mengumpulkan beberapa tab dalam satu jendela, atau mengatur tab sesuai keinginan dengan cepat dan mudah.
Browser ini memiliki address bar yang cerdas. Setiap kali Anda mengetikkan teks di kotak alamat, Chrome akan menawarkan saran pencarian. Anda juga dapat menggunakan panel alamat untuk menandai (bookmark) situs web dan mengetahui keamanannya.
Fasilitas yang tak kalah menarik adalah shortcut situs-situs web yang sebelumnya sering dikunjungi. Jalan pintas ini bentuknya tidak tampil sebagai link berbentuk teks, namun thumbnail situs.
Browser ini dilengkapi anti phising, malware, pop-up dan antivirus. Memory yang terpakai browser ini hanya 18 MB. Bandingkan dengan browser lainnya seperti Firefox sebesar 111 MB dan Opera sebesar 120 MB. Jadi sangat membantu buat pengguna yang mempunyai memori yang tidak begitu besar.


Avant Browser
Ada beberapa fitur yang menjadi keunggulan dari browser Avant. Salah satunya adalah online profile storage. Ini adalah fasilitas dimana kita bisa menyimpan daftar bookmark, RSS Feed, konfigurasi browser, dan lain sebagainya di Avant Online Storage. Selanjutnya, kita bisa mengakses data-data tersebut dari mana saja.
Avant Browser menyediakan flash animation filter untuk mencegah animasi flash berjalan di browser. Hal tersebut dilakukan karena 85 persen animasi flash di jagat maya adalah iklan. Karena iklan bisa dicegah, pengguna bisa menghemat bandwidth yang biasanya tercurah ke animasi flash.
Kecepatan Avant Browser terhitung biasa, dengan fitur keamanan yang kurang memadai karena belum dilengkapi dengan fitur antispyware, antivirus, apalagi antiphising.
Untuk pengguna internet volume base, browser ini bisa jadi pilihan karena tidak adanya tampilan berbagai animasi yang sering ditampilkan oleh situs web maka bandwidth yang terserap pun akan sedikit.


Safari
Apple kini menghadirkan Safari 4, dengan fitur andalannya yang diberi nama nitro engine. Dengan adanya fitur ini, safari diklaim dapat menjalankan JavaScript sampai dengan 4,5 kali lebih cepat dari terdahulunya yakni Safari 3, serta 4 kali lebih cepat dari Firefox 3, dan 8 kali lebih cepat dari Internet Explorer 8. Fitur baru lainnya juga dibawa Safari 4 untuk dapat menghadirkan pengalaman browsing lebih intuitif dan menyenangkan seperti fitur top sites, full history search dan cover flow. Versi teranyar dari Safari ini juga telah mendukung standar web modern seperti HTML 5 dan advanced CSS effects.
Dari segi pengaman, browser ini tergolong sangat standar seperti fasilitas pemblokir pop-up, spyware, hingga antivirus. Sedangkan pencegahan untuk pelaku phising dan fitur parental control tak tersedia dalam browser ini.
Jadi intinya, jika kita pengguna internet yang mengutamakan kecepatan berjelajah dan beraktivitas browsing saja, browser ini bisa jadi pilihan.

K-Meleon  
K-Meleon salah satu browser gratis dan open source di rilis dibawah Lisensi GNU General Public dan berjalan diplatform Microsoft Windows (Win32) operating systems. Dibangun di atas Gecko layout engine, layout engine yang sama seperti digunakan Mozilla Firefox.


SeaMonkey  
all-in-one internet application suite, seperti software suite populer yang sudah dibuat sebelumnya oleh Netscape dan Mozilla, dan proyek SeaMonkey melanjutkan konsep tersebut. Terdiri dari Internet browser, email & newsgroup client, HTML editor, IRC chat and web development tools, SeaMonkey direkomendasikan bagi advanced users, web developers dan corporate users.


Camino 
Camino, Mozilla Power Mac Style. Camino adalah open source web browser dikembangkan berfokus pada memberikan experience terbaik kepada pengguna Mac OS X. Camino mengkombinasikan visual sederhana, elegan dan menyajikan pengalaman yang mengagumkan yang menjadi filosofi dari Macintosh dengan Gecko layout engine yang powerful.
Camino hanya dapat diinstall dalam Sistem Operasi Mac.


Konqueror  
Konqueror adalah web browser, file manager, dll. Konqueror menyediakan file viewer yang bisa mengexplore file-file di komputermu maupun secara remote ke komputer lain. Protokol yang didukung Konqueror :
1.      FTP and SFTP/SSH browser
2. SAMBA (Microsoft file-sharing) browser
3. HTTP browser
4. IMAP mail client
5. ISO (cd image) viewer
6. VNC viewer
Untuk menginstall Konqueror ini kamu harus install KDE terlebih dahulu. KDE adalah Desktop Enviroment di keluarga unix, jika anda pengguna windows telebih dahulu install KDE.

Palemoon 

Cometbird 

Glubble  

Amaya 

Arlington kiosk browser 

Desktop web browser 

Shenz browser  

Arachne 

Dillio 

Wyzo 

Swift 

Slim browser 

and masih banyak lagi browser2 lainnya lho. U/ sementara, ini aja dulu ea plend. Yang lain nyusul. Silahkan dipilih mana yang cocok, SeM0Ga mEmBanTu…………………!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Lee min ho

Your email address:


Powered by FeedBlitz